Kamis, 18 Okt 2018
  • Home
  • Syarat dan Ketentuan Penggunaan

Syarat dan Ketentuan Penggunaan

Sebelum menggunakan layanan yang disediakan PT. Laras Media Trinusa (untuk selanjutnya disebut Larasonline.com), Pengguna telah mempelajari secara sungguh-sungguh dan menyatakan persetujuan serta menerima seluruh persyaratan dan ketentuan penggunaan layanan berikut:

Pengguna mengetahui dan menyadari serta mengakui Larasonline.com adalah portal berita siber penyedia informasi yang tunduk pada ketentuan Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers berikut peraturan pelaksanananya diantaranya Pedoman Pemberitaan Media Siber. Dengan menggunakan layanan pada Larasonline.com, Pengguna menyatakan mengikatkan diri pada ketentuan Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers berikut Pedoman Pemberitaan Media Siber dengan segala akibat hukumnya.

Informasi yang disajikan Larasonline.com dibagi menjadi 4 (empat) kategori yaitu Berita, Ulasan, Data dan Konsultasi Hukum. Setiap Kanal dikategorikan kembali menjadi subkanal-subkanal. Pengkategorian informasi yang disajikan semata-mata dimaksudkan hanya untuk memudahkan Pengguna dalam memilih dan memilah setiap layanan Larasonline.com yang akan digunakan Pengguna, atau memudahkan Pengguna dalam mempertimbangkan apakah Pengguna akan melanjutkan menggunakan seluruh atau menggunakan hanya sebagian dari kategori dan/atau subkategori layanan yang disediakan Larasonline.com.

Pengguna mengetahui dan menyetujui bahwa Pengguna harus mendaftarkan keanggotaan dan melakukan log-in untuk dapat menggunakan layanan tertentu dari Larasonline.com dan untuk dapat melakukan publikasi terhadap isi buatan pengguna (User Generated Content). Pengguna menyetujui pembuatan dan publikasi isi buatan Pengguna mengacu pada peraturan perundang-undangan dan Pedoman Pemberitaan Media Siber.

Pengguna menerima, menyetujui dan mengikatkan diri apabila Larasonline.com sewaktu-waktu melakukan perubahan terhadap 'Persyaratan dan Ketentuan Penggunaan'. Penggunaan layanan Larasonline.com hanya dilakukan Pengguna setelah Pengguna mempelajari dan menyetujui perubahan-perubahan dimaksud.

Larasonline.com menyediakan jasa penyebaran informasi berupa iklan dan bisa saja terhubung secara langsung dengan situs pihak ketiga pemasang dan/atau pemilik iklan. Pengguna mengetahui dan menyadari serta menyetujui pihak ketiga pemasang dan/atau pemilik iklan bertanggung jawab terhadap isi kandungan dari iklan dan/atau situs pihak ketiga tersebut. Karenanya Pengguna setuju membebaskan Larasonline.com dari segala tuntutan hukum berkenaan dengan pemasangan iklan dan/atau situs pihak ketiga dimaksud.

Pengguna mengetahui dan menyetujui  bahwa selain  ketentuan persyaratan penggunaan secara umum ini, terdapat persyaratan dan ketentuan tambahan yang diberlakukan dalam setiap kategori dan/atau subkategori layanan Larasonline.com. Pengguna menyatakan sudah mempelajari dan meyetujui ketentuan persyaratan tambahan dimaksud sebelum menggunakan layanan Larasonline.com.

PERSYARATAN TAMBAHAN PENGGUNAAN KANAL KONSULTASI HUKUM

Informasi yang disediakan pada Kanal Konsultasi Hukum bersifat Edukasi guna meningkatkan kesadaran hukum masyarakat secara umum dan bukan dimaksudkan sebagai nasihat hukum profesional untuk kasus hukum individual atau kelompok/korporasi. Pengguna mengetahui dan menyadari serta menyetujui tidak terjadi hubungan hukum antara Advokat dan Klien ketika Pengguna menggunakan layanan Konsultasi Hukum yang disediakan Larasonline.com.

Pengguna mengetahui dan menyadari serta menyetujui informasi yang disajikan pada kanal Konsultasi Hukum tidak bersifat rahasia dan Pengguna beserta Pihak Ketiga tidak akan menjadikannya sebagai rujukan menyelesaikan permasalahan hukum. Pengguna mengetahui dan menyadari informasi yang disajikan pada Kanal Konsultasi Hukum bersumber dari publikasi atas jawaban berikut pertanyaan yang disampaikan oleh Pengguna kepada redaksi Larasonline.com. Ketentuan Publikasi telah disetujui dan diterima Pengguna sebagai persyaratan tambahan ketika Pengguna memutuskan menggunakan layanan Konsultasi Hukum. Penolakan Pengguna atas ketentuan Publikasi ini hanya dapat dilakukan Pengguna dengan tidak mengakses layanan Konsultasi Hukum yang disediakan Larasonline.com.

Pengguna mengetahui dan menyadari serta menyetujui bahwa jawaban terhadap pertanyaan Pengguna Larasonline.com dapat saja disampaikan oleh pihak ketiga yang disebut Mitra Penjawab, dimana Hak cipta atas isi kandungan dari Jawaban Mitra berikut tanggung jawab hukumnya tetap berada pada Mitra Penjawab. Pengguna mengetahui dan menyadari serta menyetujui bahwa Larasonline.com hanya berhak untuk menyalin, memperbanyak, menyajikan dan membagikan informasi sesuai apa adanya (as is) yang disampaikan Mitra Penjawab. 

Pengguna mengetahui dan menyadari serta setuju bahwa Pengguna tetap memiliki kewajiban untuk memeriksa kembali ketepatan rujukan yang digunakan Mitra dalam Jawabannya, diantaranya namun tidak terbatas pada rujukan peraturan perundang-undangan apakah masih berlaku atau tidak berlaku lagi, rujukan putusan pengadilan apakah sudah berkekuatan hukum atau belum berkekuatan hukum, maupun rujukan pendapat ahli. Karena itu Pengguna setuju membebaskan Larasonline.com dari segala tuntutan hukum berkenaan dengan isi kandungan dari setiap Jawaban dalam Kanal Konsultasi Hukum.  

PERSYARATAN TAMBAHAN PENGGUNAAN KANAL ULASAN

Pengguna mengetahui dan menyadari bahwa Penulis dalam Kanal Ulasan adalah pihak ketiga yang disebut Mitra Penulis dari Larasonline.com dan hak cipta isi kandungan Tulisan tetap berada pada Mitra Penulis berikut tanggung jawab hukumnya. Karenanya Pengguna mengetahui dan menyadari serta menyetujui bahwa Larasonline.com hanya memiliki kewajiban editing sebatas hak  yang dimiliki Larasonline.com untuk menyalin, memperbanyak dan mempublikasi serta membagikan informasi sesuai apa adanya (as is). Editing dimaksud terbatas pada muatan ujaran kebencian, SARA dan pornografi dengan mengupayakan semaksimal mungkin tidak mempengaruhi ide asli Mitra Penulis.

Pengguna setuju untuk membebaskan Larasonline.com dari segala tuntutan hukum berkenaan dengan isi kandungan dari Tulisan Mitra Penulis, termasuk dan tidak terbatas apabila disebabkan oleh kekhilafan (human error) dan kekeliruan pada proses editing, dan/atau apabila hasil editing belum sesuai dengan harapan dan/atau nilai-nilai yang diyakini Pengguna.

PERSYARATAN TAMBAHAN PENGGUNAAN KANAL DATA

Pengguna mengetahui dan menyadari bahwa informasi yang disediakan pada Kanal Data merupakan informasi/data sekunder yang diolah Larasonline.com dari berbagai sumber. Karenanya Pengguna mengetahui dan menyadari memiliki kewajiban untuk tetap selalu melakukan pemeriksaan terhadap keakuratan data/informasi dimaksud dengan membandingkannya kembali dengan informasi/data primer dari sumber resmi. Pengguna menyatakan membebaskan Larasonline.com dari segala tuntutan hukum apabila terjadi kekhilafan dan kekeliruan dalam proses pengolahan dan penyajian data/informasi.