Rabu, 25 Apr 2018
  • Home
  • Berita
  • Umum
  • ZF (Anak Dibawah Umur) Terdakwa di Peradilan Dewasa Dikeluarkan Dari Tahanan

ZF (Anak Dibawah Umur) Terdakwa di Peradilan Dewasa Dikeluarkan Dari Tahanan

Gunawan Jumat, 06 April 2018 18:06 WIB
Larasonline.com

ZF bersama keluarganya yang sudah menunggu diluar Rutan Kelas I Medan, Penasihat Hukum dan Petugas BHPT Tama Purba, S.H.

Medan.

Kejaksaan Negeri Medan mengeluarkan ZF (anak dibawah umur) dari tahanan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Medan pada Jumat 06 April 2018. ZF keluar dari Gedung Rutan Kelas I Medan melalui Pintu Utama sekira pukul 17.45 Wib. ZF didampingi Penasihat Hukumnya dari LBH Trisila Sumatera Utara Hisca Romauli Situmorang, S.H. Diluar Gedung Rutan, keluarga ZF yang berdomisili di Biereun sudah menunggu dan menyambut ZF.

Proses pengeluaran ZF disaksikan oleh Kepala Subseksi Bantuan Hukum dan Penyuluhan Tahanan (BHPT) Rutan Kelas I Medan Hendro dengan didampingi oleh staff Robianto dan Tama Purba, S.H. ZF adalah penerima bantuan hukum gratis dari LBH Trisila Sumatera Utara yang merupakan mitra Pos Bantuan Hukum Pemasyarakatan Rutan Kelas I Medan yang dikelola BHPT Rutan Kelas I Medan.

Pengeluaran ZF dari tahanan merupakan pelaksanaan dari Putusan Sela Pengadilan Negeri Medan tanggal 05 April 2018 yang mengabulkan eksepsi Penasihat Hukum dan memerintahkan Kejaksaan Negeri Medan mengeluarkan ZF dari tahanan segera setelah putusan diucapkan.

Sebelumnya ZF didakwa melanggar Pasal 363 ayat 1 ke-3e ke-5e yang ancaman hukumnya tujuh tahun penjara karena diduga mencuri mesin genset di Setia Budi Medan. Berkas perkara ZF dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Medan dengan acara biasa. Setelah pembacaan Dakwaan, Penasihat Hukum mengajukan eksepsi mengenai umur dari ZF yang belum mencapai 18 tahun.

Majelis Hakim memberikan kesempatan kepada Jaksa menanggapi Eksepsi Penasihat Hukum. Majelis Hakim juga mengagendakan persidangan hari Rabu tanggal 04 April 2018 untuk pengajuan bukti-bukti dari Jaksa dan Penasihat Hukum. Penasihat Hukum mengajukan bukti Ijazah asli, Kartu Keluarga dan Kartu Pelajar serta Surat Keterangan Identitas ZF. Sedangkan Jaksa hanya mengajukan surat pernyataan ZF.

Keesokan harinya 05 April 2018, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Medan membacakan putusan yang mengabulkan eksepsi Penasihat Hukum, menyatakan Pengadilan Pidana Umum/Dewasa pada Pengadilan Negeri Medan tidak berwenang, memerintahkan terdakwa dikeluarkan dari tahanan segera setelah putusan diucapkan.




T#gs Bantuan Hukum GratisHisca Romauli SitumorangLBH Trisila Sumatera UtaraPengadilan Negeri Medananak dibawah umur
Komentar
0 Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments