Rabu, 15 Agu 2018

Warung Jamu Bukti Mentjos Untuk 'Rakyat Sehat Negara Kuat'

Betty Maria Sabtu, 30 Juni 2018 08:06 WIB
Larasonline.com

Kolase Photo : (Kiri bawah, berbaju batik) Horatius Romuli, Pemilik warung Jamu Bukti Mentjos sedang duduk bersama 2 (dua) orang pengunjung. (Kiri atas) Slogan warung Jamu Bukti Mentjos " Rakyat Sehat Negara Kuat" dan daftar menu Jamu. (Kanan atas) Sebuah lukisan wanita penjual Jamu (tradisional). (Kanan bawah) Aneka ramuan atau produk Jamu dan Temu Lawak Instant siap diminum serta Biji Salak (bubur).

Jakarta.

Masyarakat umum maupun Para Penegak Hukum seperti Hakim, Jaksa, Advokat, Para Legal dan lainnya harus memiliki stamina tubuh yang baik agar tetap bugar ketika beraktivitas. Makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi kesehatan tubuh.


Jamu adalah salah satu minuman tradisional yang sudah diwariskan oleh nenek moyang bangsa Indonesia sejak dulu kala dan diyakini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Disimak dari pemberitaan di media sosial, Presiden Jokowi juga salah satu orang yang gemar minum Jamu.

Jamu Bukti Mentjos adalah sebuah warung Jamu yang terletak di Jalan Salemba Tengah No.48 Jakarta Pusat sudah menjaga minuman tradisional Jamu sekitar 68 (enam puluh delapan) tahun lamanya. Pembuatan dan penjualan Jamu ini dikelola sendiri oleh pemilik warung Jamu Bukti Mentjos.

Dengan slogan "Rakyat Sehat Negara Kuat", pada awalnya usaha penjualan Jamu ini bermula di Solo sekitar tahun 1940-an namun di tahun 1950-an Jamu Bukti Mentjos pindah ke Jalan Salemba Tengah No.48 Jakarta Pusat. Horatius Romuli, pemilik usaha warung Jamu Bukti Mentjos saat ini adalah generasi ke-3 (tiga) dari pendiri warung Jamu Bukti Mentjos.





Berdasarkan informasi dari Horatius Romuli, di tahun 1950-an ada sebuah Pasar yang disebut Pasar Mentjos terletak di Jalan Salemba Tengah tersebut. Namun di tahun 1970-an, Pasar Mentjos hilang (tidak beroperasi lagi) dan saat ini dapat ditemukan beberapa usaha di lokasi sekitar yang juga menggunakan kata Mentjos, salah satunya warung Jamu Bukti Mentjos.

Untuk bahan baku pembuatan jamu di warung Jamu Bukti Mentjos di pasok dari Solo, tempat Jamu Bukti Mentjos berasal.

Horatius Romuli mengatakan, "Untuk pemasokan bahan bakunya dari Solo dan sudah lama berlangganan."

Pengunjung yang datang ke warung Jamu Bukti Mentjos juga beragam usianya. Jamu bisa di konsumsi oleh pria, wanita, anak-anak, orang tua dan muda.

"Banyak mahasiswa di sekitar Salemba yang mampir ke sini (warung Jamu Bukti Mentjos)", jelas Horatius Romuli.Warung Jamu Bukti Mentjos menyediakan Jamu untuk pengobatan dan perawatan, dijelaskan oleh Horatius Romuli.

Dilihat dari daftar menu warung Jamu Bukti Mentjos, ada 59 (lima puluh sembilan) jenis jamu yang dapat diminum langsung di warung jamu ini. Jamu yang dijual merupakan ramuan Jamu Jawa asli, seperti Galian Singset yang berfungsi merampingkan dan menghilangkan kelebihan lemak didalam tubuh yang kegemukan, menjaga badan tetap singset dan menurunkan kolestrol.

Pegelinu kuat (meluang) untuk setelah bekerja berat dan olahraga, badan dan kaki tangan terasa pegal-pegal, urat-urat pada kaku linu, gemetar, rheumatik, encok, asam urat, kesemutan karena aliran darah tidak lancar, menghilangkan rasa lelah. Kesehatan anak untuk mengobati anak yang lesu, malas, tidak nafsu makan, sakit-sakitan agar menjadi sehat, lincah, riang, dan gembira.

Ada juga Jamu untuk penyakit dalam seperti Sijantung untuk mengobati gangguan kesehatan seperti jantung sakit atau lemah, dada sesak, berdebar-debar cepat lelah karena terganggu jalannya darah. Sitinggi untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi seperti kepala pusing, lemah, menjadikan pikiran tenang dan menyehatkanbadan.

Kapsul Bawang Putih untuk menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi, dan melancarkan peredaran darah. Bubuk Kunyit Putih untuk mencegah, mengobati kanker/tumor, asam urat, pengeroposan tulang, kolesterol, diabetes, ginjal, radang, meningkatkan stamina dan melancarkan air seni. Warung Jamu Bukti Mentjos menyediakan berbagai macam Jamu dalam kemasan sachet dan kapsul.

Tersedia juga minuman tradisional (Serbat) seperti: Temu Lawak Instant, Kunyit Asam Instant, Serbat Jahe Instant, Beras Kencur dan Jahe merah. Warung Bukti Mentjos juga menjual aneka Madu asli Sumbawa yang bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh, merawat kecantikan, mencegah berbagai penyakit, dapat dikonsumsi orang dewasa dan anak-anak.

Melalui daftar menu diinformasikan bahwa Madu yang dijual ini tidak mengandung bahan pengawet, pemanis dan pewarna buatan seperti: Madu Tetesan Murni Super, Madu Susu Putih Gunung, Madu Biru Hutan Liar, dan lainnya. Selain Jamu, Serbat dan Madu, warung Jamu Bukti Mentjos juga menjual aneka tapel, pilis, bedak, lulur, dan parem serta sabun.

Tidak hanya minuman, ada juga berbagai bubur dengan harga yang terjangkau yaitu: bubur Kacang Hijau, bubur Jali, Kolak, Sagu Rangi, Biji Salak, Ronde, dan bubur lainnya.

Warung Jamu Bukti Mentjos buka dari hari Senin-Sabtu pukul 10.00-21.30 Wib, namun pada hari Libur/Minggu tutup. Warung Jamu Bukti Mentjos juga memiliki cabang yaitu warung Bukti Alami yang berlokasi di Jalan Alternatif Cibubur Km.1 Komp.DDN No.18 Cibubur. Horatius Romuli mengatakan, "warung Bukti Alami dibuka sejak bulan Maret 2017."


T#gs Horatius RomuliLiburanPengadilan TinggiWarung Jamu Bukti Mentjos
Komentar
0 Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments