Rabu, 15 Agu 2018
  • Home
  • Berita
  • Umum
  • Rangkaian Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-54 Kanwil Kemenkumham Sumater

Rangkaian Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-54 Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara di LPKA Medan

Betty Maria Jumat, 27 April 2018 14:59 WIB

Keterangan Photo: Acara Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-54 Medan, 1. Photo Bersama (kiri) tampak Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara Liberti Sitinjak, Kapolda Sumatera Utara Irjen.Pol. Drs. Paulus Waterpauw, dan Wakil Walikota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, MSi., 2. Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-54 dipimpin oleh inspektur upacara Kapolda Sumatera Utara Irjen.Pol. Drs. Paulus Waterpauw, 3. Pemotongan tumpeng oleh Kapolda Sumatera Utara Irjen.Pol. Drs. Paulus Waterpauw dan Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara Liberti Sitinjak, 4. Tarian Massal, 5.Pemusnahan barang bukti hasil razia dari warga binaan di lapas/rutan, 6. Talk Show "Fenomena Over Crowded dan Dampaknya Terhadap Kehidupan di Lembaga Pemasyarakatan/Rumah Tahanan", 7. Photo perwakilan LBH Trisila Medan Advokat Hisca Romauli Situmorang, S.H. dan Advokat Bintang Panjaitan, S.H. dengan Wakil Walikota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, MSi. dan Sulaiman Harahap sebagai perwakilan dari Pemerintah Kota (Pemko) Medan. Koleksi photo dapat dilihat di site foto website Larasonline.com

Medan.

Hari Jumat tanggal 27 April 2018 merupakan hari istimewa bagi lingkungan Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Hal ini juga terlihat dari kegiatan Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-54 yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara.


Acara tersebut dihadiri oleh jajaran Pejabat Eselon II, Kepala UPT PAS, Pejabat Eselon III & IV UPT PAS, Pejabat Eselon III dan IV Kanwil, Kapolda Sumatera Utara Irjen.Pol. Drs. Paulus Waterpauw, Wakil Walikota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, MSi., Sulaiman Harahap sebagai perwakilan dari Pemerintah Kota (Pemko) Medan, para Pejabat penting lainnya, para pegawai di Lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) maupun Rumah Tahanan Negara (rutan) Medan, dan tampak juga hadir Lembaga Bantuan Hukum Trisila Medan diwakili oleh Advokat Hisca Romauli Situmorang, S.H. dan Advokat Bintang Panjaitan, S.H.


Rangkaian acara berlangsung mulai dari pukul 07.30-10.30 Wib di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di Jalan Pemasyarakatan, Tanjung Gusta, Medan. Acara diawali dengan persiapan Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-54 Tahun 2018, kemudian Upacara di pimpin oleh Kapolda Sumatera Utara Irjen.Pol. Drs. Paulus Waterpauw selaku Inspektur Upacara. Dilakukan pembacaan sejarah ringkas Sistem Pemasyarakatan yang sudah ada sejak tanggal 27 April 1964.


Irjen.Pol. Drs. Paulus Waterpauw membacakan amanat singkat dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly S.H., M.Sc., Ph.D. Beberapa pesan menarik dari amanat tersebut seperti : Kewajiban dari Negara untuk tetap melindungi kepentingan terpidana dan pemenuhan haknya, Pemerintah wajib memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya bagi masyarakat, ajakan untuk membangun birokrasi yang bebas korupsi, dan menyampaikan kepada seluruh jajaran pemasyarakatan untuk tetap semangat bekerja.


Setelah upacara, para tamu dan undangan dihibur dengan Tarian Tor-tor Massal yang dibawakan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (rutan) serta Pegawai di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Medan. Para penari nampak ramai memenuhi halaman Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).


Lalu pemotongan tumpeng oleh Kapolda Sumatera Utara Irjen.Pol. Drs. Paulus Waterpauw dan Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara Liberti Sitinjak. Setelah itu di halaman Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) dilakukan pemusnahan barang bukti hasil razia dari warga binaan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) maupun Rumah Tahanan Negara (rutan) Medan seperti handphone sitaan.


Kegiatan selanjutnya para tamu dan undangan diarahkan memasuki gedung Aula Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) untuk mengikuti Talk Show. Tema Talk Show dalam rangka hari Bhakti Pemasyarakatan ke-54 yaitu: "Fenomena Over Crowded dan Dampaknya Terhadap Kehidupan di Lembaga Pemasyarakatan/Rumah Tahanan". Sebagai Narasumber pada Talk Show yakni: Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara Liberti Sitinjak, Kapolda Sumatera Utara Irjen.Pol. Drs. Paulus Waterpauw, Kodam Bukit Barisan I, Perwakilan dari Kejaksaan Tinggi Negeri (Kejari) Medan, dan Hakim senior.


Pada kesempatan ini, sebagai catatan tambahan dari Kepala Rumah Tahanan Negara (rutan) Labuhan Ruku Batu Bara menyampaikan bahwa salah satu penyebab fenomena over crowded serta dampaknya terhadap kehidupan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (rutan) adalah karena ada putusan Hakim yang tidak sesuai dengan kasus yang ditangani. Ada juga saat putusan Hakim sudah dibacakan di persidangan, petikan putusan tersebut tidak diberikan kepada pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) sehingga pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) tidak mengetahui status penahanan seseorang, apakah kasusnya sudah di putus dan masih harus menjalani masa penahanan, atau memang tahanan tersebut sudah saatnya harus dibebaskan. Contoh yang pernah terjadi kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Labuhan Ruku Batu Bara dan kerusuhan di Rumah Tahanan Negara (rutan) Tanjung Gusta pada tahun 2012 silam.


Pihak Lapas Labuhan Ruku Batu Bara juga menyampaikan kepada pihak Kejaksaan agar memberikan surat perpanjangan penahanan kepada pihak Lapas. Hal ini dibutuhkan oleh pihak Lapas sebagai informasi status masa tahanan, apalagi jika masa tahanan sudah akan habis. Jika surat tersebut tidak diberikan maka pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) bisa saja membebaskan tahanan/terdakwa karena hal tersebut sudah diatur dalam Undang-Undang. Pihak Lapas Labuhan Ruku Batu Bara berharap agar segala sesuatu yang menjadi hak tahanan/terdakwa agar diberikan sehingga pihak Lapas dimanapun tidak mengalami over crowded dan hal tersebut juga dapat mencegah terjadinya kerusuhan di Lapas. Acara ini kemudian ditutup oleh Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara Liberti Sitinjak.

T#gs Akhyar NasutionHari Bhakti Pemasyarakatan Ke 54 Kanwil Kemenkumham SumateraKantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera UtaraLembaga Bantuan Hukum Trisila MedanLembaga Pembinaan Khusus Anak LPKASulaiman HaYasonna Hamonangan Laoly
Komentar
0 Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments