Rabu, 15 Agu 2018

Pengadilan Negeri Binjai Vonis Pecandu Shabu Setahun Sepuluh Bulan

Icha Benetta Situmorang, S.H., : Semestinya Pecandu Mendapat Rehabilitasi Juga
Suci Jumat, 02 Februari 2018 18:14 WIB

Photo : Pengadilan Negeri Binjai, Sumatera Utara

Binjai, Sumatera Utara

Pengadilan Negeri Binjai, Sumatera Utara, menggelar persidangan perkara nomor 468/Pid.Sus/2017/PN Bnj atas nama terdakwa Rian (nama samaran) pada hari Kamis, 01 Februari 2018. Agendanya pembacaan putusan. Pada persidangan pertama, Rian didakwa melanggar 2 Pasal yaitu Pasal 112 ayat (1) Undang-undang Narkotika dan Pasal 127 ayat (1) Undang-undang Narkotika.

Setelah persidangan dibuka, Majelis Hakim membacakan putusannya yang menyatakan Terdakwa Rian terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana "Menyalah Gunakan Narkotika Golongan I Bagi Dirinya Sendiri" dan menjatuhkan pidana penjara selama 1 tahun dan 10 bulan.

Vonis Majelis Hakim lebih rendah 8 bulan dari tuntutan Jaksa yang meminta agar Terdakwa Rian dihukum penjara 2 tahun dan 6 bulan. Tuntutan dibacakan Jaksa Penuntut Umum Nico Hutajulu, S.H pada persidangan sebelumnya tanggal 23 Januari 2018. Dalam tuntutannya, Jaksa menyatakan terdakwa RIAN terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana narkotika pelanggaran pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dalam dakwaan Kedua.

Dihubungi setelah persidangan selesai, Advokat Icha Benetta Situmorang, S.H., selaku Penasihat Hukum terdakwa Rian dari Lembaga Bantuan Hukum Trisila Sumatera Utara menyatakan mengapresiasi putusan Majelis Hakim. Namun menurut Icha akan lebih baik lagi apabila Putusan Pengadilan memerintahkan Terdakwa Rian jalani pengobatan (rehabilitasi) medis dan sosial.


"Penyalahguna narkotika bagi diri sendiri, sudah semestinya diterapkan Pasal 127 ayat (1) Undang-undang Narkotika. Masih sering saya menemukan pecandu narkotika tidak diterapkan Pasal 127 ayat (1) Undang-undang Narkotika, mereka biasanya dikenakan Pasal 112 ayat (1) Undang-undang Narkotika yang ancaman hukumannya sangat berat yaitu minimal 4 tahun penjara" jelas Icha.


Icha Benetta Situmorang, S.H.,

Mitra Pembela LBH Trisila Sumatera Utara,

saat memberikan kosultasi hukum.


Icha berharap Putusan Pengadilan Negeri Binjai selanjutnya akan memerintahkan rehabilitasi apabila mengadili terdakwa pecandu narkotika yang bukan pengedar. "Dengan penerapan Pasal 127 ayat (1) Undang-undang Narkotika, maka terbuka kesempatan untuk mendapatkan rehabilitasi medis dan sosial selain hukuman yang relatif ringan bila dibandingkan dengan Pasal 112 ayat (1). Rehabilitasi seyogyanya diwajibkan kepada semua pecandu narkotika bukan hanya untuk kalangan artis. Terdakwa yang termasuk orang miskin dan mendapat bantuan hukum gratis semestinya juga bisa mendapatkan rehabilitasi" tegas Icha.




Menurut informasi yang diterima Larasonline.com, Rian adalah penerima bantuan hukum gratis di LBH Trisila Sumatera Utara. Rian mengajukan permohonan bantuan hukum ketika LBH Trisila Sumatera Utara mengadakan penyuluhan hukum di Lembaga Pemasyarakatan Binjai. Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan bantuan hukum gratis hanya foto copy KTP, KK dan Surat Keterangan Miskin/Tidak Mampu dari Kelurahan.

T#gs Icha Benetta SitumorangLBH Trisila Sumatera UtaraPecandu NarkotikaPengadilan Negeri BinjaiRehabilitasi
Komentar
0 Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments